Posts Subscribe comment Comments

Klik Salah Satu Link Di Bawah Ini Untuk menutup Pop Up :

Tips Sederhana untuk Mengatasi Nyeri Punggung Bagian Bawah


Nyeri punggung bisa dipicu oleh berbagai sebab, mulai dari cedera hingga penggunaan otot maupun tulang punggung secara berlebihan dan terus menerus. Terapinya disesuaikan dengan penyebabnya, namun beberapa hal bisa dilakukan untuk membantu meredakannya. 
Kalau sudah begini pasti repot.... 
Tapi one-nett punya beberapa tips nih....
Simak yuk....

1. Hindari posisi dan aktivitas yang memicu nyeri punggung, berhentilah beraktivitas jika mendadak kambuh karena jika dilanjutkan pasti akan memburuk. Jika perlu, gunakan obat pereda nyeri atau gunakan pendingin khusus (ice pack) untuk meredakannya.

2. Ketika nyerinya sudah mereda,lakukan peregangan sederhana untuk perut, punggung dan kaki. Latihan peredangan jika dilakukan dengan benar tidak hanya akan menuntaskan rasa nyeri tetapi juga mencegah cedera yang lebih parah pada otot punggung.

3. Setelah benar-benar sembuh dari nyeri, perlahan-lahan tingkatkan intensitas latihan. Makin aktif makin bagis, karena jika otot-otot itu didiamkan maka akan kehilangan kelenturan, kekuatan dan ketahanan sehingga mudah kumat ketika berhadapan dengan pemicunya.

4. Perhatikan posisi tidur, hindari tidur tengkurap karena jika titik berat perut turun ke bawah maka akan menarik dan membebani punggung. Begitu juga saat tidur telentang, punggung akan menahan beban lebih besar. Posisi yang paling bagus untuk mencegah nyeri punggung bagian bawah adalah miring, dengan salah satu kaki ditekuk.

5. Postur tubuh saat duduk maupun berdiri juga perlu diperhatikan untuk menghidari penumpukan beban di satu titik, yang akhirnya akan membebani punggung. Jangan membungkuk saat dudu maupun berdiri, karena berat badan tidak terdistribusi dengan baik.

Selamat mencoba ya,,,,

0komentar:

Silahkan Tulis Komentar Anda ...