Posts Subscribe comment Comments

Klik Salah Satu Link Di Bawah Ini Untuk menutup Pop Up :

Tips Meningkatkan Performa BlackBerry


Siapa cie yang gak kenal ama Hp smartphone  yg satu ini, Wajar jika pengguna  BlackBerry menggantungkan beberapa urusan kepada smartphonenya. Mulai dari fungsi komunikasi, mengedit dokumen kantor, hiburan multimedia hingga urusan2 yg penting dan laen sbgainya.
Namun layaknya seperti komputer, performa BB bisa juga menurun bahkan terjadi hang. Penurunan ini biasanya disebabkan oleh menipisnya ruang pd memori penyimpanan ataupun memori RAM. Untuk meningkatkan kembali performa BB one-nett punya beberapa tips untuk Anda. Langsung saja simak tipsnya:

1.Hapus aplikasi yang jarang digunakan
Sering kali pengguna BlackBerry menginstal aplikasi dari Appworld dan menggunakannya hanya beberapa kali. Ketika sudah tidak terpakai aplikasi tersebut pun sering dilupakan begitu saja bahkan tidak dihapus dari BlackBerry.
Selain aplikasi pihak ketiga, ada juga aplikasi bawaan yang tidak begitu bermanfaat, misalnya game bawaan BlackBerry yang  sama sekali tidak menarik atau aplikasi Help yang jarang  digunakan karena lebih sering mengandalkan internet untuk memecahkan masalah seputar BlackBerry. Aplikasi-aplikasi inilah yang memakan ruang pada memori penyimpanan yang sudah dialokasikan untuk aplikasi dan jumlahnya terbatas.
Untuk mengurangi jumlah dan menghapus aplikasi yang jarang atau bahkan tidak pernah digunakan dari BlackBerry, Anda dapat mengakses Settings>Options>Aplications. Layar akan menampilkan berbagai aplikasi yang terpasang pada BlackBerry, kemudian pilih aplikasi yang akan dihapus dengan menekan trackball atau trackpad, lalu pilih Delete. Anda juga dapat menghapus aplikasi dengan menekan tombol menu (berlogo BlackBerry) lalu pilih Delete ketika berada pada tampilan menu utama. Untuk menghapus aplikasi bawaan  seperti game atau help, ubah pilihan third party menjadi add-on.
 
2.Hapus appointment lampau dari kalender
Fitur kalender pada BlackBerry memiliki kemampuan menyimpan perjanjian (appointment) dan akan mengingatkan Anda ketika waktunya tiba. Meski tidak banyak mengurangi ruang pada memori, namun jika Anda termasuk yang sering menggunakan fitur ini dan membiarkannya menumpuk sedikit banyak pasti berpengaruh pada kinerja ponsel karena memori penyimpanan yang terpakai. 
Anda dapat memanfaatkan fitur pada kalender yang secara otomatis menghapus appointment yang sudah lalu setelah jangka waktu tertentu. Fitur ini dapat diakses dengan menekan tombol menu saat berada dalam menu Calendar pilih Options> General options> lalu ubah pilihan “Keep Appointment” menjadi yang paling rendah, 15 hari. Sehingga appointment yang tersimpan pada kalender BlackBerry akan terhapus secara otomatis setelah lewat 15 hari dari tanggal yang ditentukan.
 
3.Hapus pesan yang sudah lama
Sama seperti appointement pada kalender pesan (SMS, MMS dan email) yang sudah terlalu lama juga perlu Anda hapus. Anda dapat menyortirnya langsung dari daftar pesan atau mengaktifkan fitur yang menghapus pesan lama secara otomatis. Caranya, dalam menu pesan (messages) tekan tombol menu>Options>General options dan ubah pilihan Days To Keep Messages menjadi 15 hari. Selanjutnya fitur ini bekerja secara otomatis.
 
4.Hapus video sampel bawaan
Biasanya pada BlackBerry disertakan video sample untuk menguji kualitas video player. Dan untuk menunjukkan kebolehan video playernya, video tersebut berkualitas baik memakan cukup banyak ruang pada memori penyimpanan.Sebagai contoh, BlackBerry yang  digunakan untuk membuat tips, memiliki 2 video sample yang berdurasi total 4 menit dan menggunakan memori hingga lebih dari 70 MB. Jika Anda bahkan tidak pernah menontonnya knenapa ragu untuk menghapus? Video ini dapat dihapus langsung dari  media>videos dan Anda tinggal menghapus video sample tersebut.
 
5.Hapus Cache dan Cookies dari browser
Poin yang satu ini berguna untuk meningkatkan kecepatan browser bawaan BlackBerry apabila Anda merasa  performanya melambat. Untuk melakukannya Anda dapat membuka browser, tekan tombol menu>Options>Cache Operations. Anda dapat menghapus Content Cache, Pushed Content dan Cookie Cache dengan menekan tombol virtual bertuliskan Clear pada layar. Anda juga bahkan dapat menghapus browser history (berisi informasi situs apa saja yang pernah Anda kunjungi) pada menu ini.
 
6.Bersihkan Memori dari penggunaan yang tak perlu
Ketika suatu aplikasi dijalankan, aplikasi tersebut akan menyimpan data untuk sementara (temporary) pada memori RAM. Sayangnya beberapa aplikasi tidak melepaskan kembali memori yang digunakan setelah aplikasi dimatikan. Untuk mendapatkan ruang memori RAM Anda kembali Anda harus melakukannya sendiri. Caranya dengan menjalankan fitur “memory cleaning†pada menu Settings>Options>Security Options>Advance Security Options>Memory Cleaning, kemudian tekan tombol menu pilih Clean Now.
Anda bahkan dapat mengatur agar fitur ini berjalan otomatis dengan memilih “yesâ pada pilihan “clean when idleâ lalu tentukan interval waktunya pada pilihan “idle timeoutâ. Untuk menjaga performa BlackBerry Anda, dan disarankan untuk memilih waktu terendah.
 
7.Bersihkan event log
Anda juga dapat menghapus event log  untuk melegakan memori RAM dengan menekan Alt-LGLG. Tekan tombol menu dan pilih Clear Log.


Selamat mencoba and jangan lupa komentarnya ya.....

0komentar:

Silahkan Tulis Komentar Anda ...