Posts Subscribe comment Comments

Klik Salah Satu Link Di Bawah Ini Untuk menutup Pop Up :

Tips Agar Bisa Berhemat dan Menabung


Duh....boros banget sih....! Gak bisa mengendalikan keuangan.... Gimana ya biar bisa hemat?! One-nett punya solusi jitu nih....

1. Jual barang-barang lama
 
Kamu dapat membuat garage sale dengan menjual barang-barang dan pakaianmu yang sudah lama atau sudah tidak digunakan lagi. Untuk barang yang dijual dengan harga yang signifikan, maka kamu dapat menjualnya melalui kaskus atau eBay. Menjual barang-barang lamamu yang sudah digunakan lagi merupakan salah satu cara untuk mendapatkan uang yang lebih, sehingga kamu dapat menyisihkan uang untuk ditabung.

2. Membuat anggaran belanja

Membuat anggaran belanja merupakan cara yang sederhana bagaimana menghabiskan uangmu dengan lebih disiplin. Kamu dapat mengetahui rencana pengeluaran lebih jelas. Sehingga nantinya kamu tidak perlu terlibat hutang dan dapat menyisihkan uang untuk ditabung atau jalan-jalan bersama keluarga.

3. Membuat catatan belanjaan

Ketika kamu ingin pergi ke mal atau ke supermarket untuk belanja bulanan, pastikan kamu membuat catatan belanjaan terlebih dahulu dan jangan pernah meninggalkan rumah dengan perut kosong. Jika tidak makan terlebih dahulu, kamu akan mengeluarkan pengeluaran lebih untuk makan di restoran. Selain itu, sebaiknya kamu juga tidak perlu mengajak anak-anak ikut belanja bersama. Hal tersebut untuk menghindari adanya pengeluaran tak terduga.

4. Belanja saat diskon atau melalui online shop

Berbelanja saat diskon merupakan salah satu cara dimana kamu dapat membeli pakaian dengan model terbaru tanpa harus membayar dengan harga normal. Selain itu kamu juga dapat belanja melalui online shop. Dengan begitu kamu bisa lebih hemat dalam berbelanja, karena tak perlu ongkos perjalanan dan kemungkinan tergoda membeli yang lain jika ke mall. Namun sebelum kamu memutuskan untuk berbelanja melalui online shop, pastikan terlebih dahulu bahwa harga yang ditawarkan lebih murah dibanding harga ditoko dan jangan lupa menghitung harga barang yang ditawarkan dengan ongkos pengirimannya.

5. Bersenang-senang secara hemat

Apabila kamu pecinta film, pasti Anda akan mengeluarkan uangmu dengan menonton film di bioskop. Salah satu cara agar kamu dapat menyisihkan uangmu yaitu dengan menonton DVD di rumah. Selain sesekali menonton DVD di rumah, kamu juga bisa meminjam buku di perpustakaan tanpa harus membeli buku di toko buku. Dengan begitu kamu dapat meminimalisir pengeluaranmu untuk bersenang-senang.

6. Jika bisa, buatalah sendiri

Kamu baru saja mengetahui bahwa di dekat rumahmu telah dibuka sebuah kedai kopi. Dengan begitu kamu langsung pergi ke kedai tersebut dan membeli minuman kopi dengan harga yang terbilang tidak murah. Hal ini yang dapat memicu kamu untuk menghamburkan uang Anda. Jika kamu dapat membuat kopi, sebaiknya kamu membuatnya sendiri tanpa harus membeli kopi di kedai kopi. Sehingga kamu tidak perlu mengeluarkan uang lebih.

Terkadang hal-hal kecil bisa menentukan apakah kamu berhasil atau gagal dalam mengelola keuangan. Tapi dengan beberapa perubahan gaya hidup sederhana dan sedikit disiplinan diri, kamu dapat menabung dan berhemat cukup banyak uang setiap tahunnya.

Selamat mencoba

0komentar:

Silahkan Tulis Komentar Anda ...